Desain Rumah Minimalis Unik Tapi Keren

Ingin membangun rumah dari awal? Tapi bingung gak punya ide dan mau mengikuti contoh model rumah seperti apa yang sedang trend saat ini. Siapa tahu, desain rumah minimalis unik paling keren ini bisa dijadikan inspirasi untuk membuat rumah idaman kamu. 

 http://mahkotaqq.co/

1. Rumah Transparan di Jepang
Dibangun diatas tanah seluas 914 kaki persegi, Sou Fujimoto seorang arsitek terkenal dari Jepang mendesain sangat unik tampilan rumah minimalisnya. Menggunakan rangka pondasi logam ringan serta seluruh bagian sisi bangunannya sebanyak 21 ruangan terbuat dari kaca transparan. Rumah yang ditempati bersama keluarganya tersebut sudah ditempati sejak tahun 2012 kemarin. 
Terinspirasi dari sebuah rumah pohon, ditempat ini kita tak perlu berteriak untuk memanggil seseorang, karena setiap kamar/ruangan sudah terhubung dengan teknologi canggih yang bisa saling mendengarkan antara penghuni satu dengan penghuni lainnya. Mulai dari  atap, tangga serta dinding tembok semuanya transparan.
Seru bukan membayangkan punya rumah unik seperti ini, kita bisa melihat orang lain di kamar sebelah sedang melakukan aktivitas apa. Tapi tidak enaknya, orang-orang yang lewat di depan rumah juga bisa melihat semua penghuni rumah beserta isi rumahnya. 
Dikatakan juga rumah yang diberi nama Tokyo’s House NA ini sangat irit listrik, sebab untuk disiang hari tidak perlu menyalakan lampu lagi. Dan untuk malam hari sudah disediakan tirai otomatis untuk menutupi suasana rumah.

 http://mahkotaqq.co/

2. Upside Down House, Polandia
Tak kalah unik dengan desain rumah minimalis ciptaan So Fujimoto. Di desa Szymbark, negara Polandia kita juga bisa melihat bentuk rumah terbalik yang dibuat oleh Daniel Czapiewski, seorang pengusaha bisnis terkenal di negeri Polandia tersebut. 
Awalnya pembangunan rumah terbalik ini ditujukan sebagai simbol perlawanan terhadap pelanggaran kemanusiaan, untuk menyindir kediktatoran komunis Uni Soviet di masa itu.  
Namun sekarang rumah pribadi milik Daniel tersebut sudah beralih fungsi menjadi objek wisata. Banyak para wisatawan lokal ataupun manca negara mengagumi bentuk unik rumah minimalis ciptaan Daniel itu, tapi merekapun juga mengaku merasa pusing setelah memasukinya.

 http://mahkotaqq.co/

3. Rumah Sepatu
Sudah bosan tinggal di rumah yang bentuknya begitu-begitu saja alias mainstream, membuat seorang pria tua kaya raya asal Pennsylvania meminta bantuan kepada seorang Arsitek rumah bernama Mahlon N Haines, agar ia mau membuatkan rumah berbentuk Sepatu. 
Meski luas bangunan rumah sepatu itu tidak seberapa, namun sudah terdapat tiga kamar tidur, satu dapur tempat masak, ruangan kecil keluarga serta dua toilet yang berada di dalam kamar dan di luar ruangan.

 http://mahkotaqq.co/

4. Rumah Tersempit di Dunia 
Kalau saat ini kamu merasa rumah kamu sempit banget gak ada halaman ataupun garasi mobil. Bersyukurlah, jika dibandingkan tinggal di rumah yang dijuluki Keret House ini. Mau tahu seberapa luasnya?  
Lebih kecil dari kuburan, yakni hanya seluas 1,2 meter saja. Gak tahu alasan apa yang melatar belakangi Arsitek bernama Jakub Szczesny membuat rumah tersempit di dunia ini. Berawal dari permintaan seorang seniman Cerpen, hingga Jakub pun merancang dan mendekorasi rumah yang berlokasi di Warsawa, Polandia.
Meski ukurannya sangat kecil, tapi Keret House terdiri dari dua tingkat yang mencapai tinggi 9,14 meter. Meskipun ukurannya sangat tidak layak untuk dihuni tapi jangan pernah remehkan fasilitas berlebih pada desain rumah minimalis aneh tersebut. 
Untuk pengaturan sirkulasi udara, Jakub Szczesny merancang sistem tembok kaca dan atap transparan dengan sedikit lubang agar sinar matahasi bisa masuk secara alami. Dan udara pun bisa bebas masuk yang membuat penghuninya tidak merasakan kegerahan. 
Untuk bagian Interior rumah minimalis 2 lantai ini pun sudah dilengkapi dengan dapur, kamar mandi, ruang tamu serta kamar timur. Bingungkan bagaimana bisa sedangkan ukurannya saja hanya seluas 1,2 meter. Yups tapi kan tingginya 9,14 meter masih bisa untuk meletakkan perabotan-perabotan lainnya.

 http://mahkotaqq.co/

5. Rumah Piano di China 
Seorang mahasiswa arsitektur jurusan desain rumah minimalis berhasil mendirikan Rumah piano yang terletak di Kota Huainan, China pada tahun 2017 kemarin, kemarinnya lagi. Sebenarnya rumah unik tapi keren ini bukanlah digunakan untuk hunian pribadi melainkan untuk kepentingan umum, sebagai tempat latihan kesenian para pelajar sekolah musik.
Mengambil konsep rumah berbentuk bangunan biola transparan pada bagian pintu depannya. Sedangan bangunan dalam sampai atap rumah berbentuk piano raksasa. Untuk memasuki akses rumah keren tersebut kita dapat melalui tangga ataupun eskalator kaca yang bentuknya menyerupai senar gitar biola tersebut.

 http://mahkotaqq.co/

6. Pieree Cardin’s Bubble House (Palace of Bubbles, France) 
Bubble House atau Istana/Rumah Gelembung ini berada di Theoule sur mer Kota Cannes, Perancis. Dibuat oleh Desainer kenamaan asal Perancis bernama Antti Lovag pada tahun 1989. 
Awal penggunaan istana gelembung ini adalah sebagai tempat pertemuan dan pesta pora para kaum elit borjuis dan sosialita elit yang berasal dari Eropa. Namun seiring waktu berjalan, Bubble House sudah berganti fungsi sebagai tempat wisata para turis, festival nasional dan tempat berlangsungnya perayaan tahunan rakyat Perancis.
Satu hal yang menambah nilai plus “gambar rumah minimalis” bubble house ini adalah sudut ruangannya bisa menyaksikan langsung keindahan pemandangan laut Mediterania serta pelabuhan kapal laut Cannes yang sangat cantik dan mengagumkan.

 http://mahkotaqq.co/

http://mahkotaqq.co/

http://mahkotaqq.co/

Komentar

Postingan Populer